Jumat, 24 November 2017
Berlangganan

Resiko-Resiko Dalam Usaha Agen BRI LINK

INFOBRILINK-Tentunya usaha apapun pastinya memiliki resiko dan tentunya ketika kita sudah mengetahui bahwa resikonya bagaimana tinggal kita perbaiki bagaimana solusinya agar kita mampu meminimalisir segala resiko-resiko yang ada, termasuk pada usaha BRI link itu sendiri.

Cerita ini saya utarakan segai salah satu masalah dalam bisnis BRI Link berikut ini resi-resiko yang perlu anda ketahui :

1. Pada tanggal 12 September 2016 saya kedatangan nasabah yang ingin melakukan transaksi setor tunai ke rekening BNI sebesar Rp. 300.000. Seperti biasa saya melakukan transaksi dengan mesin EDC, masuk ke menu transfer antar bank, setelah konfirmasi data saya tekan enter dan muncul pesan "do not honour" dilayar mesin EDC, struk tidak tercetak, artinya transaksi gagal. Sebelum mengulang transaksi saya cek saldo terlebih dahulu dan ternyata saldo saya sudah berkurang. Lalu saya cek mutasi rekening dengan menggunakan internet banking dan ada transaksi debet sejumlah Rp. 500.000 plus biaya transaksi transfer antar bank Rp. 6.500 ke rekening BCA dengan nomor rekening yang saya input tadi. Saya coba lakukan print last transaction pada mesin EDC, tapi yang muncul transaksi sebelumnya, bukan transaksi transfer ke rekening BCA. Saya pun bingung, pada internet banking tercatat transaksi debet Rp. 500.000 tapi di mesin EDC tidak tercatat transaksi tersebut. Akhirnya saya beri penjelasan pada nasabah tersebut dan meminta beliau untuk mengecek saldo di rekening BCA, siapa tahu memang transaksinya sudah berhasil. Sayangnya rekening tersebut adalah milik anaknya yang tinggal di luar kota dan baru ada konfirmasi bahwa uang sejumlah itu tidak masuk rekening pada hari kemarin tanggal 1 Februari 2016. Saya langsung melakukan laporan keluhan pada layanan customer 14017 dan mudah-mudahan segera di proses. Selain itu saya juga mendatangi kantor BRI terdekat dan mengajukan keluhan. Sayangnya jawabannya kurang memuaskan karena customer service bank hanya mengatakan uangnya dipastikan sudah masuk rekening BCA karena transaksinya tercatat jelas dimutasi rekening. Tetapi saya sudah meminta nasabah untuk mengecek kembali rekeningnya dan jawabannya pun sama, uang belum masuk. Hari ini tanggal 25 September saya kembali menghubungi 14017 untuk menanyakan perkembangan kasus saya, dan alhamdulilah customer servicenya memberi konfirmasi bahwa transaksi memang gagal dan uang sejumlah Rp. 500.000 akan kembali ke rekening saya dalam 3 hari kerja. Mudah-mudahan masalah seperti ini tidak akan terjadi lagi, meskipun kemungkinan besar memang akan terjadi lagi.

2. Uang palsu. Mungkin semua orang takut dengan hal ini mungkin saja nasabah anda sengaja ataupun tidak sengaja memberikan kepada agen BRI Link karena memang sebagai agen BRI link harus belajar secara ekstra bagaimana mendeteksi uang palsu tersebut, mungkin saja anda butuh alat pendeteksi uang, namun tetap jangan mengandal alat anda tetap harus memeriksa secara fisik juga karena beberapa kejadian agen BRI Link ada juga yang keceplosan, karena itu harus sangat berhati-hati dalam memeriksa uang ketika melakukan transaksi pada anda.


Baca : Inilah Fitur Mesin EDC-BRILink

Contact Pengaduan Khusus AGEN BRI LINK Resmi:

- Telegram +62811811-10950 (Gratis)
- Whatshapp +62811811-10950 (Gratis)
- http://www.bri.co.id/contactus (Gratis)

Sekarang juga dimudahkan dengan layanan khusus melalui whatshap (group) Kantor Cabang Anda sehingga jika ada kendala anda langsung segera menyampaikannya.